Ulasan Seputar Awal Mula Corona di Indonesia dan Kelemahannya

0
18
virus corona

Awal mula corona di Indonesia setelah Menteri Kesehatan mengumumkan bahwa terdapat dua kasus positif yang telah diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso. RSPI Sulianti Saroso merupakan rumah sakit rujukan dan menangani pasien, kedua pasien ini telah diberi vitamin serta makanan sehat dan bukan antibiotik yang dapat menambah kekebalan tubuh. Lalu terdapat kabar bahwa seorang pasien yang berdomisili di Bekasi dan menjalani perawatan di Rumah Sakit dr Hafidz Cianjur telah kembali dari Malaysia an meninggal. Awalnya pasien ini dikira meninggal karena Covid-19 namun setelah dijelaskan oleh Sekretaris Direktorat Jendela Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dari hasil sampel yang diteliti hasilnya negatif.

Setelah dua warga yang positif ditemukan di Depok dan menerima pasien baru dan salah satunya adalah warga negara asing. Berdasarkan 6 pasien ini, terdapat 3 pasien yang memiliki kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 dan 3 lainnya adalah rujukan yang berasal dari rumah sakit lainnya. Hal ini membuat pasien bertambah menjadi 8 orang dan 6 dalam pengawasan. Berdasarkan RS Mitra Keluarga yang ada di Depok sebanyak 73 petugas kesehatan telah diliburkan dan kini berada dalam pemantauan karena adanya interaksi langsung dengan 2 pasien, berdasarkan 73 orang tersebut ditemukan 33 orang tidak menunjukkan gejala sedangkan 40 orang menunjukkan gejala umum.

Hal yang perlu diketahui adalah virus corona memiliki kelemahan namun bukan berarti diremehkan. Covid-19 dapat hilang dengan pelarut lemak seperti sabun, virus akan mati dan hancur oleh karena itu WHO telah menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air. Sabun lebih efektif membunuh virus karena virus memiliki RNA atau DNA sebagai inti virus dan protein menjadi bahan baku dalam memperbanyak diri dan lapisan lemak sebagian bagian luarnya. Ketiga bagian ini tidak saling terikat sehingga lemak akan hancur dengan mudah.

Infeksi Covid-19 dapat menyebabkan gejala sedang hingga parah dan biasanya untuk gejala ringan akan mudah sembuh sendiri jika memiliki daya tahan tubuh sehat. Berdasarkan penelitian telah menunjukkan bahwa virus ini lemah untuk antibodi yang sehat, dan kadar antibodi yang dihasilkan pada orang berusia 47 tahun memberikan gejala ringan dan sedang. Pasien ini juga tidak memiliki penyakit lain dan kondisinya tetap sehat setelah terinfeksi. Memasuki hari 7 hingga 9 menunjukkan antibodi yang terbentuk dan melawan virus dan setelah itu akan membuat tubuh menjadi lebih baik diiringi dengan gaya hidup lebih sehat. Virus ini mirip dengan SARS dan MERS yang mampu bertahan pada benda mati dengan ketahanan beberapa jam hingga hari.

Namun virus yang menempel pada benda mati akan dapat dimatikan dengan disinfektan yang memiliki alkohol berkadar 60% hingga 70%, menggunakan hidrogen peroksida 0,5%, dan sodium hipoklorti dengan kadar 0,1% dalam 1 menit. Oleh karena itu gunakan pembersih disinfektan pada permukaan benda seperti meja, gagang pintu dan telepon genggam.

Saat ini belum terdapat penelitian yang menyebabkan corona lemah pada suhu panas namun terbukti mampu melemah untuk penyakit SARS. Sesuai dengan data dari WHO penyebab SARS dapat mati pada suhu 56 derajat Celcius. Covid-19 dapat bertahan dalam beberapa hari namun tidak akan menimbulkan infeksi, oleh karena itu WHO belum melarang adanya pelarangan pengiriman paket antar negara dengan resiko rendah. Beberapa hal ini perlu diketahui untuk menurunkan tingkat kecemasan yang kini beredar di masyarakat.

virus corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here