Obat Pilek Alami Untuk Bayi

0
5
obat pilek alami untuk bayi

Pilek merupakan jenis penyakit yang paling sering dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi bayi yang masih berusia dibawah 5 tahun, mereka sangat rentan terkena penyakit. Sistem kekebalan tubuh bayi masih dalam perkembangan dan membutuhkan penyesuaian terhadap lingkungan sekitar. Orang tua pastinya akan panik dan cemas ketika bayi menangis terus menerus. Mereka akan melakukan berbagai cara agar bayi segera sembuh dan tidak rewel. Banyak cara yang akan dilakukan oleh orang tua, misalnya membawa anak ke dokter untuk mendapatkan Obat Pilek Resep Dokter atau dengan cara menyediakan obat pilek alami di rumah.

Gejala pilek pada bayi memang menyebabkan bayi menangis terus menerus dan merasa tidak nyaman. Mulai dari demam, tidak nafsu makan, tubuh menjadi lemah, dan hidung tersumbat akan menyulitkan bayi dalam bernafas. Apabila pilek ini tidak segera ditangani maka akan menimbulkan risiko penurunan berat badan dan akan sulit untuk naik. Menurut penelitian pilek pada bayi dapat terjadi 10 kali dan setahun. Penyakit ini pada umumnya memerlukan waktu 7-10 hari untuk sembuh. Obat Flu Untuk Bayi tentu saja tidak sama dengan obat orang dewasa. Pada umumnya obat untuk bayi harus disesuaikan dengan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Karena sistem organ lainnya masih dalam proses tumbuh kembang.

Pengobatan alami yang dapat orang tua lakukan sebagai obat pilek yaitu sebagai berikut:

1. ASI

Pemberian ASI terus menerus dapat menjaga cairan pada tubuh bayi serta terhindar dari dehidrasi, selain itu ASI mengandung antibodi yang dapat melawan virus dan bakteri.

2. Madu

Kandungan antibakteri dan antioksidan pada madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat membunuh bakteri penyebab infeksi saluran nafas.

3. Bawang putih

Bawang putih dapat dijadikan sebagai obat dekongestan alami yang dapat mengurangi lendir berlebih.

4. Lemon

Kandungan vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi pilek pada bayi.

5. Larutan Salin

Cara yang ketiga yaitu dengan meneteskan larutan salin ke dalam hidung bayi. Orang tua harus berhati-hati dalam melakukannya, karena bayi sering refleks menggerakkan kepalanya.

Itulah beberapa obat alami yang dapat orangtua lakukan ketika anak terkena pilek. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here