Mengenal Macam-Macam Hormon pada Wanita

0
5
macam macam hormon wanita

Hormon adalah suatu zat kimia yang diproduksi pada sistem endokrin pada tubuh manusia. Fungsi dari hormon adalah untuk membantu mengendalikan hampir semua fungsi tubuh salah satunya adalah pertumbuhan, reproduksi, serta metabolisme. Pada wanita, hormon-hormon ini juga berfungsi sebagai pengendali emosi serta mood saat menstruasi

Hormon pada Wanita

1. Progesteron

Hormon ini sangat berpengaruh terhadap siklus menstruasi dan ovulasi. Penyebab kram haid yang normal saat menstruasi salah satunya adalah hormon ini. Ketika wanita memasuki fase ovulasi, maka progesteron akan mempersiapkan endometrium atau lapisan bagian dalam rahim untuk menerima sel telur yang siap dibuahi oleh sperma. Jika tidak dibuahi, endometrium ini akan luruh menjadi darah menstruasi.

Hormon ini menyebabkan rasa tidak nyaman sesaat sebelum ovulasi. Perut akan terasa sakit dan kembung, muncul jerawat, perubahan emosi, serta nyeri pada payudara adalah akibat dari hormon ini.

2. Testosteron

Hormon testosteron merupakan hormon yang ada pada pria. Wanita juga memiliki hormon ini namun jumlahnya tidak sebanyak hormon testosteron pada pria. Testosteron membantu untuk menjaga gairah seks pada wanita. Menjaga tulang tetap sehat, menjaga kemampuan kognitif, serta mengendalikan nyeri.

3. Estrogen

Hormon estrogen diproduksi oleh ovarium dan korteks adrenal serta plasenta pada ibu hamil. Namun ovarium memproduksi hormon ini paling banyak. Estrogen memiliki peran yang besar terhadap perkembangan serta perubahan fisik tubuh saat pubertas. Selain itu, estrogen juga mengawal jalannya ovulasi pada siklus menstruasi.

Ketika menstruasi, hormon estrogen menurun sehingga akan menimbulkan berbagai macam gangguan. Gangguan tersebut adalah menstruasi yang tidak rutin, suasana hati tidak menentu, osteoporosis, serta vagina kering.

4. Luteinizing Hormone

Luteinizing Hormone atau LH adalah hormon yang membantu mengatur ovulasi serta siklus menstruasi. Bersama dengan estrogen, hormon ini memiliki peranan penting pada masa pubertas. LH diproduksi pada kelenjar hipofisis di otak.

5. Follicle Stimulating Hormone

Follicle Stimulating Hormone atau FSH adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis juga. FSH membantu untuk mengendalikan siklus menstruasi serta memproduksi sel telur pada ovarium.

Hormon-hormon tersebut tentunya mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita. Terutama menjawab pertanyaan mengenai sakit yang dirasa saat sebelum menstruasi. Gunakan ifree mengatasi nyeri haid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here