Hard Skill Yang Banyak Dicari Perusahaan Startup, Sudah Punya Yang Mana?

0
6
Hard Skill Yang Dicari Perusahaan Startup
sumber gambar: pixabay

Mahasiswa blended learning untuk mengetahui jenis perusahaan startup, masuk kategori perusahaan baru yang berada pada fase pengembangan maupun penelitian untuk menemukan target pasar yang sesuai. Meski masuk kategori perusahaan berkembang, namun jenis perusahaan ini juga bisa bersaing dengan perusahaan besar. Karenanya tidak heran jika banyak alumni mahasiswa mengincar perusahaan startup, sebagai perusahaan tempatnya bekerja setelah lulus nanti.

Saat ini perusahaan startup cukup populer di seluruh dunia, bidang usahanya kebanyakan seputar teknologi. Bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan jenis, ada beberapa bidang keahlian yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan startup:

Design graphic

Design graphic merupakan keahlian yang dibutuhkan perusahaan startup, salah satu keahlian yang menjadi faktor penunjang keberhasilan pemasaran melalui berbagai desain yang dibuat. Jenis perusahaan startup membutuhkan orang yang ahli dalam bidang ini, tujuannya untuk menyampaikan pesan yang dituangkan dalam bentuk aplikasi desain yang kekinian. Tugas utamanya sendiri yakni mewujudkan komunikasi verbal menjadi komunikasi visual, sehingga pesan tersebut bisa mudah diterima oleh konsumen.

Saat ini berbagai aplikasi untuk mendesain berkembang dengan pesat, sehingga cukup mudah untuk mengembangkan kemampuan satu ini. Jika ingin memiliki keahlian dibidang satu ini, kamu bisa mengikuti kuliah online yang banyak tersedia di internet dalam bentuk pelatihan.

Analisis data

Kemampuan analisis data sangat diperlukan, untuk perusahaan besar maupun startup. Keahlian yang satu ini sangat dibutuhkan, kedudukannya sangat penting untuk kemajuan sebuah perusahaan. Seorang analisis data memiliki tugas untuk mengumpulkan data, data tersebut terdiri dari berbagai angka (mulai dari logistik, riset pasar, penjualan, maupun biaya transportasi).

Kegiatan analisis sangat penting untuk sebuah perusahaan, hasil dari analisis biasanya digunakan untuk membuat sebuah keputusan agar lebih bijak, strategis, tepat sasaran, dan juga lebih baik untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.

Ada beberapa skill yang harus dimiliki untuk analis data, mulai dari pemahaman terhadap software maupun pemrograman dasar, pengetahuan dasar tentang statistika, software engineering, kalkulus dan aljabar, merapikan segala macam data, serta paham perihal visualisasi serta mengkomunikasikan data.

Bidang pemasaran

Hal yang satu ini banyak dicari perusahaan, yakni keahlian dalam bidang pemasaran. Bagian pemasaran memang sangat penting dalam sebuah perusahaan, terlebih untuk perusahaan baru. Umumnya bidang ini memiliki tugas untuk membuat konsumen puas dengan produk yang ditawarkan, terlebih konsumen merupakan sumber keuntungan perusahaan. Bagian pemasaran juga memiliki tugas untuk memastikan keinginan konsumen terpenuhi, dengan begitu perusahaan bisa mendapatkan keuntungan.

Bagian pemasaran juga memiliki fungsi umumnya, yakni planning, organizing, actuating, dan evaluation. Merupakan fungsi penunjang kemajuan dari sebuah perusahaan. Untuk memiliki keahlian satu ini, bisa mengikuti kuliah blended learning untuk jurusan pemasaran (ada pada cabang jurusan Manajemen).

Bidang teknologi informasi

Perusahaan startup umumnya identik dengan berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi, karenanya jenis perusahaan ini banyak membutuhkan ahli teknologi informasi. Untuk dirinya sendiri tentu sangat beragam, ahli teknologi informasi yang dimaksud bisa berupa ahli dalam hal programmer, web designer, web programmer, technical engineering, networking, dan lainnya. Meski ada banyak jenis keahlian teknologi informasi, biasanya sebuah perusahaan startup cukup memiliki bagian technical engineer saja.

Bidang SEO

Keahlian ini bisa diolah melalui kuliah online di internet atau pelatihan di tempat kursus, keahlian bidang SEO. Ada cukup banyak perusahaan startup yang membuka lowongan di bidang satu ini, termasuk untuk perusahaan besar.

SEO sendiri kepanjangan dari search engine optimization, merupakan cara agar postingan bisa masuk halaman pertama mesin pencari. Cara yang dilakukan tentu tidak mudah, umumnya seorang SEO akan membuatkan keyword pada postingan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penggunaan SEO sendiri tidak terbatas pada konten tulisan, bisa digunakan pada konten berbentuk video, berita, gambar, hiburan, dan lainnya. Semakin sering keyword yang digunakan muncul pada halaman pertama, maka semakin besar pula peluang perusahaan dikenal oleh konsumen (baik dalam maupun luar negeri).

Selain dari hard skill, perusahaan startup juga membutuhkan karyawan dengan soft skill seperti kreatif dan kritis dalam berpikir, mampu memecahkan masalah, kerja sama, kecerdasan emosional maupun spiritual, serta kemampuan dalam hal negosiasi.

Meski jenis kemampuan ini sudah ada sejak lahir, namun soft skill juga bisa dilatih. Saat ini ada banyak tempat pelatihan atau kuliah khusus dalam bidang soft skill, beberapa di antaranya tersedia dalam sistem kuliah blended learning.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here