Sebelum Mengajukan Pinjaman Online, Kenali 10 Fiturnya Dulu

0
27
pinjama instan

Kebutuhan pinjaman uang tunai pribadi tergolong wajib jika sangat mendesak. Dalam keadaan yang serba sempit, pilihan terbaik jatuh pada Kredit Tanpa Agunan atau KTA online. Sebab tanpa harus menyertakan jaminan seperti rumah, kartu kredit, maupun surat tanah, dana yang Anda inginkan bisa lekas cair. Sebelum itu, kenali dulu 10 fitur pinjaman online berikut ini.

1. Suku Bunga per Tahun

Suku bunga merupakan biaya tambahan yang dikenakan setelah pinjaman uang tunai pribadi Anda disetujui. Besaran suku bunga untuk masing-masing bank berbeda. Ada yang 3%, 10%, sampai dengan 23% per tahun. Di antara pilihan pinjaman instan online terbaik, Tunaiku masih jadi yang sangat direkomendasikan. Soalnya suku bunganya cuma 3% per tahun.

Hitungan suku bunga berlaku selama periode pinjaman Anda masih aktif. Apabila Anda melunasi pinjaman lebih awal, tentu jumlah beban biaya untuk suku bunganya berkurang sebanyak sisa bulan (cicilan) yang Anda pangkas. Tapi ada beberapa bank yang mengenakan biaya tambahan ketika seorang nasabah hendak melunasi pinjaman lebih awal.

2. Cicilan per Bulan

Namanya juga KTA atau pinjaman uang tunai pribadi tanpa jaminan. Tentu untuk melunasinya harus dengan sistem kredit. Di KTA online, cicilan dikenakan setiap bulannya. Apabila Anda terlambat, maka akan dikenai denda dengan sejumlah uang plus bunga keterlambatan. Oleh karena itu, harap untuk selalu ingat tanggal jatuh temponya.

Biaya cicilan per bulan bisa berubah-ubah sesuai dengan jenis bunga pilihan Anda. Apabila Anda menggunakan bunga efektif, maka cicilan yang dibayarkan relatif besar di awal-awal. Barulah menyusut ketika mendekati akhir masa cicilan. Sedangkan untuk jenis bunga flat, dari awal bulan hingga akhir bulan cicilan, jumlah setoran tetap.

3. Plafon Pinjaman

Bagi yang baru dalam hal akses pinjaman uang tunai pribadi tanpa jaminan, perlu sekali mengetahui hal ini. Pasalnya, masing-masing bank punya kebijakan tersendiri terkait plafon pinjaman. Total pinjaman yang dicairkan mulai dari 2 juta Rupiah sampai dengan 100 juta Rupiah. Plafon sendiri merupakan batas minimum-maksimum pinjaman.

Manakah pilihan plafon yang terbaik? Sebaiknya, pilih yang terjangkau sesuai dengan kebutuhan. Misalnya dengan mengajukan pinjaman uang tunai pribadi ke Tunaiku. Sebab, di Tunaiku plafon pinjamannya minimal 2 juta Rupiah dan maksimal 20 juta Rupiah. Tentu sangat terjangkau untuk setiap kalangan.

4. Masa Tenor

cicilan perbulan pinjaman online instan

Tenor merupakan jangka waktu pelunasan dan dihitung berdasarkan bulan maupun tahun. Semakin panjang tenor yang Anda pilih, maka semakin kecil jumlah cicilan per bulannya. Tenor yang seperti ini sangat cocok untuk Anda yang berpenghasilan minim. Akan tetapi, total bunganya lebih besar dibandingkan dengan yang masa tenor lebih pendek.

Agar sukses dalam mencicil pinjaman uang tunai pribadi, sebaiknya terapkan beberapa trik khusus. Misalnya dengan mengatur anggaran dan sering-sering cek kondisi finansial sebelum mengajukan pinjaman. Dengan sikap waspada tersebut, Anda jadi tahu mana tenor terbaik yang bisa Anda pilih. Di Tunaiku sendiri, masa tenor berlaku antara 6-20 bulan.

5. Biaya Provisi

Ketika pinjaman uang tunai pribadi berhasil dicairkan, maka umumnya akan dikenakan biaya provisi. Apa sih biaya provisi itu? Singkatnya, biaya ini berhubungan dengan upah untuk pihak bank karena telah berjasa menyetujui pengajuan pinjaman. Jumlahnya berbeda-beda. Tergantung bank pilihan serta jumlah pinjaman yang Anda ajukan.

Tapi tidak semua KTA online mensyaratkan harus bayar biaya provisi kok. Contohnya ada di Tunaiku. Di Tunaiku, biaya provisinya 0%. Sebab dari awal Tunaiku memang hanya ingin membantu masyarakat kalangan menengah ke bawah agar bisa terus survive dalam kehidupan.

6. Lamanya Proses Pengajuan KTA

Siapa yang tahan menunggu dalam waktu lama? Pasti tidak ada. KTA dihadirkan untuk memenuhi pengajuan pinjaman uang tunai pribadi yang dibutuhkan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kalau prosesnya saja berbelit-belit, tentu nasabah bakal jera dan tidak mau mengajukan pinjaman lagi.

Lamanya proses pengajuan sampai dana berhasil dicairkan berbeda-beda sesuai dengan bank pilihan Anda. Ada yang kurang dari 3 hari. Ada pula yang lebih dari 5 hari. Adapun proses pencairan dana di Tunaiku hanya berlangsung kurang dari 3 hari. Soalnya tidak ada survei maupun tanda tangan kontrak via surat-menyurat lewat pos.

7. Syarat Minimum Pendapatan per Bulan

minimum pendapat perbulan pinjaman online

Calon pengguna KTA juga dibatasi oleh bank-bank di Indonesia. Artinya, tidak semua orang bisa menjadi nasabah atas pinjaman uang tunai pribadi tanpa jaminan. Dengan kata lain, calon nasabah harus memenuhi syarat minimum pendapatan per bulan. Bisa dari kalangan karyawan, ibu rumah tangga, maupun wiraswasta.

Di Tunaiku, baik karyawan maupun wiraswasta mendapatkan keringanan syarat penghasilan minimum. Besarannya minimal 2 juta Rupiah saja per bulan. Akan tetapi, perhitungan pendapatan tersebut bersifat tetap. Tujuannya untuk menjamin, bahwa Anda nantinya sanggup melunasi keseluruhan dana pinjaman uang tunai pribadi.

8. Persyaratan Dokumen yang Dibutuhkan

Setiap bank mensyaratkan agar para calon nasabah merupakan WNI dan dibuktikan dengan melampirkan file E-KTP. Selain itu, lampirkan pula slip gaji (khusus karyawan), foto kartu kredit, foto rekening tabungan 3 bulan terakhir, surat izin, SIUP/TDP/akta pendirian usaha, serta NPWP. Tapi syarat tersebut tidak berlaku untuk semua bank.

Khusus untuk pinjaman uang tunai pribadi di Tunaiku, Anda tidak perlu memiliki kartu kredit dan tidak harus khawatir dengan rekor pinjaman di BI Checking. Akan tetapi, usia Anda wajib di atas 21 tahun dan di bawah 60-an tahun. Dengan kata lain, Anda wajib tergolong sebagai angkatan kerja ketika mau mengajukan pinjaman ke Tunaiku.

9. Pelunasan Dipercepat

Mungkin karena faktor membaiknya ekonomi Anda, akhirnya pinjaman yang semula masih berjalan beberapa bulan lagi, lalu ingin dilunasi saat itu juga. Umumnya, pihak bank akan membebani para nasabah dengan biaya pelunasan dipercepat. Tapi di Tunaiku, Anda bebas melunasi lebih cepat tanpa harus membayar biaya pelunasan sepeser pun.

Inilah keunikan yang ditawarkan oleh Tunaiku untuk masing-masing nasabahnya. Tidak heran jika pinjaman uang tunai pribadi Tunaiku sangat digemari oleh banyak orang. Sampai sekarang, total nasabah yang pernah meminjam di Tunaiku lebih dari 120 ribu orang. Jumlah yang luar biasa karena Tunaiku sendiri baru berdiri beberapa tahun lalu.

10. Adanya Program Referral

Sejauh ini, baru Tunaiku yang memberikan insentif dana besar untuk agen referral-nya. Besaran insentif dana mulai dari 20 ribu Rupiah sampai dengan 200 ribu Rupiah per pengajuan yang diterima. Angka tersebut akan terus bertambah seiring menguatnya jaringan kolega Anda.

Nantinya, hasil dari total insentif dana bisa dicairkan pada awal bulan. Lumayan, kan? Bisa dipakai untuk penghasilan tambahan maupun bisa digunakan untuk mempercepat pelunasan pinjaman. Untuk menjadi agen referral Tunaiku, tidak ada biaya pendaftaran sama sekali.

Pinjaman uang tunai pribadi tanpa jaminan telah memberi harapan baru untuk banyak orang di Indonesia. Pihak pemerintah sendiri menyambut gagasan fintech yang fokus berkiprah di bidang pinjaman online tanpa agunan. Ke depannya, kolaborasi antara pemerintah dengan perusahaan fintech akan berjalan beriringan lebih dinamis lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here